MSE, Anti Virus Gratis Besutan Microsoft

Update 22/09/2016: MICROSOFT, sang raksasa software dunia mencoba memanjakan pemakai Windows buatannya dengan menelurkan sebuah program anti virus gratis yang diberi nama MSE (Microsoft Security Essentials). Tumben Microsoft meluncurkan produk gratisan hehe… mungkin anti virus gratis Microsoft ini akan menjadi sebuah terobosan besar terhadap layanan Microsoft yang terkenal sangat komersil. 

Anti virus ini ditujukan untuk Windows 7 & Vista. Sedangkan Windows 8 & 10 tidak memerlukan Anti Virus karena sudah terpasang bawaan yang diberi nama Windows Defender. Jadi.. untuk Windows 8 & 10 cukup dipasang SMADAV saja (anti virus lokal). Tidak ada perbedaan yang mencolok antara Windows Defender & MSE, keduanya memiliki tampilan interface yang mirip dan serupa. Mungkin hanya perbedaan nama dan versi saja.

Keunggulan MSE ini terletak pada kehandalannya untuk memproteksi komputer Windows dari virus dan malware termasuk Trojan, Worm, Spyware, Rootkit dan beberapa Malware lainnya. Selain itu, ukurannya tidak terlalu besar, proses instalasi yang cepat dan ringan serta update secara otomatis dan terus akan memberikan laporan dan bantuan informasi mengenai informasi virus yang mengancam sistem komputer kita. Dan yang paling penting ini semua diberikan secara cuma-cuma alias gratis. 

Meski gratisan, MSE cukup tangguh menghadapi program jahat, termasuk yang ingin mencuri password atau menjadikan komputer sebagai server e-mail sampah alias spam. Dan yang lebih penting lagi, MSE yang tanggal 29/09/2009 secara resmi diluncurkan ini tidak memberatkan kinerja komputer kita. Hal ini disebabkan karena MSE dengan mudah akan terintegrasi dengan infrastruktur Microsoft yang sangat populer.

MSE tidak dibikin asal-asalan, terbukti ketika diuji oleh AV-Comparatives.org, sebuah website yang mencoba melakukan pengujian untuk berbagai aplikasi Anti-malware, memberikan MSE peringkat teratas sebagai penghapus malware terbaik. Selain teknologi penghapus malware, mereka juga berpendapat kinerja yang ditunjukkan oleh MSE juga termasuk yang terbaik.

Namun, untuk bisa menggunakan MSE gratis ini masih ada syaratnya, yakni: Windows yang digunakan harus Windows Genuine alias Asli. Gratis kok pake syarat? tapi gak apa-apa lah, lumayan kan bisa nyicipi Anti Virus, Malware dan Spyware gratisan yang tangguh buatan Microsoft..

Kalau yang memakai windows bajakan, apakah bisa menggunakan MSE ini? bisa saja.. Caranya? tanya saja m'Bah Google, tidak akan dibahas disini, takut dibilang pembajak hik.. hik.. atau coba dulu diinstal, siapa tau Anda beruntung hehe.. 

Download/Unduh MSE untuk Windows 7/Vista, silahkan KLIK DISINI 

Download/Unduh Update Definition (Update Manual/Offline), silahkan KLIK DISINI.

Setelah keduanya diunduh, pasang "MSE" dulu kemudian "Update Definition"-nya sesuai dengan edisi/versi Windows yang digunakan (32/64 bit). 

Untuk mengetahui Perbedaan Windows 32-bit dan 64-bit, silahkan KLIK DISINI 

Untuk mempercepat download/unduh, silahkan KLIK DISINI. 

Baca Juga: Memaksimalkan Perlindungan Komputer dari Serangan Virus

11 Komentar

IPWAN mengatakan... Balas

antivirus yang ampuh.apa lagi untuk basmi virus poup iklan. ampuh !!!

RAMDHAN mengatakan... Balas

@Ipwan: iya donk hehe.. kebetulan MSE ini adalah salah satu Anti Virus impor favorit saya. Berbeda dg anti virus impor lain, MSE ini selain handal juga ringan. Apalagi klo komputer kita selalu/sering terhubung Internet, gak perlu repot2 update sebab update berjalan otomatis, sudah diatur oleh Microsoft. Bahkan yg lebih hebat lagi, Updatenya itu sering, bahkan pernah dalam seminggu beberapa kali diupdate otomatis. Cocok juga nih utk yg punya warnet..

IPWAN mengatakan... Balas

Cuma sayangnya 1 kang, kalau Scan yang full Luamaaa Buanget.

RAMDHAN mengatakan... Balas

@Ipwan: Yup.. tapi menurut saya itu bukan masalah bila dibandingkan dg Anti Virus impor lain yg rata2 memberatkan sistem. Lagian kayanya tdk perlu melakukan full scan terlalu sering. Tapi bisa diakali kok dg memilih "Custom" utk memilih file mana yg akan discan...

Anonim mengatakan... Balas

Kang MSE ini terintegrasi ga dgn microsoft automatic update yg ada di setiap PC kta jika menggunakan Windows...
klo iy, jika microsoft up date nya kta bkin mode OFF apakah bsa meng update MSE nya..
thx atas jawaban nya...

RAMDHAN mengatakan... Balas

@Anonymous: Berdasarkan pengalaman saya pribadi, kayanya tidak. Sebab, walau pun Windows Automatic Update di non-aktifkan, MSE tetap bisa update secara otomatis..

Kungfu Saman mengatakan... Balas

Salam kenal,

Mo tanya Kang Ramdhan.
MSE kl buat XP 64 bit bisa ga ya?
Gimana kl MSE bwt XP 32 bit tetep diinstal di XP 64? jadi ga...?

RAMDHAN mengatakan... Balas

@Kungfu: Salam kenal juga, terima kasih telah berkunjung.. Kebetulan MSE utk Windows 64-bit belum diupload disini. InsyaAllah dlm waktu dekat akan saya upload. Utk lebih jelasnya, silahkan klik kalimat berwarna merah dlm postingan ini yg bertuliskan "KLIK DISINI". Terima kasih..

Anonim mengatakan... Balas

salam kenal buat mas ramdhan bagaimana kita bisa tau bahwa MSE itu terapdate secara otomatis
dan kenapa pada saat saya klik menu UPDATE di MSE ada pesan erorr

Windows 7 Blog mengatakan... Balas

yang pengen download definition updatenya dari MSE bisa dateng ke blog ku. Search dengan keyword "update MSE"

gussalim mengatakan... Balas

Jalan-jalan pagi biar semangat terus.

Posting Komentar