Ilmu Pengetahuan, Warisan Budaya Islam Yang Terlupakan

Ketika Barat mengalami masa yang disebut sebagai "Masa Kegelapan" pada abad ke-7 sampai abad ke-17, di dunia Islam justeru sedang mengalami perkembangan dan kemajuan di bidang ilmu pengetahuan. Seiring perjalanan waktu ketika dunia Islam mengalami kemunduran, banyak hasil penemuan dan ilmu pengetahuan yang dikembangkan oleh para ilmuwan Muslim diklaim sebagai hasil penemuan ilmuwan Barat hingga sekarang.

Seorang cendikiawan dan ilmuwan Muslim, Profesor Salim Al-Hassani tidak bisa tinggal diam melihat hal itu. Ia ingin meluruskan fakta sejarah dan mengklaim kembali hasil temuan dan ilmu pengetahuan yang dikembangkan para ilmuwan Muslim yang selama ini hilang dan diakui sebagai hasil penemuan ilmuwan Barat. Dan kepedulian Salim diwujudkannya dalam buku "1001 Inventions: Muslim Heritage in Our World".

Selama hampir 20 tahun ia menelusuri dan mengumpulkan warisan peninggalan para ilmuwan Muslim di bidang ilmu pengetahuan, seni dan teknologi yang kemudian dibukukannya dalam buku tersebut. "Proyek 1001 penemuan adalah proyek sejarah ilmu pengetahuan dan fokusnya pada periode ribuan tahun yang lalu, mulai dari abad ke-7 dan seterusnya yang kurang diapresiasi oleh banyak orang di dunia sekarang ini," kata Profesor Salim.

Kerja kerasnya selama puluhan tahun bukan hanya membuahkan karya yang bermanfaat bagi generasi muda Islam tapi juga membuahkan penghargaan dari British Science Association.

Profesor Salim mengatakan, ilmu pengetahuan memainkan peranan penting untuk menciptakan saling kesepahaman dan penghormatan Barat terhadap dunia Islam. Terlebih sejak peristiwa serangan 11 September 2001 dimana Islam dan Muslim menjadi target hujatan dan dipandang sebagai peradaban yang primitif.

"Dengan menunjukkan warisan ilmu pengetahuan dan budaya dari kelompok masyarakat yang berbeda-beda, kita bisa menghormati berbagai budaya di dunia, bisa membantu meluruskan pandangan yang menyimpang soal superiotas budaya dan membantu masyarakat dunia untuk menghargai dan menghormati keyakinan, gaya hidup serta sejarah dari umat manusia lainnya," tutur Profesor Salim.

Ia berharap, upayanya mengingatkan kembali kemajuan ilmu pengetahuan yang pernah dicapai para ilmuwan Muslim, bisa mengurangi pemikiran ekstrimis di kalangan Muslim, mempertajam sikap sosial dan mendorong generasi muda Muslim untuk berkarir di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Profesor Salim mengatakan, buku "1001 Inventions" secara keseluruhan mengedepankan kontribusi ilmu pengetahuan beragam latar belakang budaya, terutama dari kalangan Muslim, dalam menciptakan kehidupan modern seperti sekarang ini.

"Apa yang dicapai dunia Islam dibangun atas dasar pengetahuan yang mereka dapatkan dari berbagai peradaban, seperti peradaban Yunani, Babilonia, Assiria, China dan India," ungkap Profesor Salim.

Ia menambahkan, masih ada lima juta manuskrip lagi yang masih menunggu diteliti untuk mengungkap sejarah-sejarah yang hilang, misalnya tentang peran para ilmuwan muslimah dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya. Dari jumlah itu, kata Profesor Salim, baru 50.000 manuskrip yang sudah dipelajari.

Sebagai tindak lanjut buku "1001 Inventions", akan digelar pameran "1001 Penemuan" di Museum Ilmu Pengetahuan, London awal tahun 2010 mendatang. Sekitar 3.000 kopi buku ini sudah dibagikan gratis ke sekolah-sekolah di Inggris dan 90.000 kopi buku ini akan didistribusikan ke sekolah-sekolah di AS dalam setahun mendatang.

Sumber: EraMuslim.Com

NB: 
Mata, bisa pura-pura buta. Telinga, bisa pura-pura tuli. Hati, bisa pura-pura mengingkari. Tapi SEJARAH.. Saksi bisu yang akan selalu membuktikan kebenaran yg hakiki.

Mudah-mudahan kiprah Profesor Salim Al-Hassani ini  bisa menjadi motivasi untuk kita semua khususnya Generasi Muslim demi mencapai kebahagiaan dan kemaslahatan hidup di Dunia dan Akhirat. 

Firman Allah SWT.:

وَابْتَغِ فِيمَا آتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الْآخِرَةَ ۖ وَلَا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا ۖ وَأَحْسِنْ كَمَا أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكَ ۖ وَلَا تَبْغِ الْفَسَادَ فِي الْأَرْضِ ۖ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ


"Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan". (QS. al-Qashash: 77)


يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ 


"Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan'. (QS. Al-Mujadalah:11)


Sabda Rasulullah SAW.:


مَنْ اَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ وَمَنْ اَرَادَ اْلاَخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ وَمَنْ اَرَادَهُمَا مَعًا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ


"Barangsiapa yang ingin sukses di dunia maka hendaklah dengan ilmu, barangsiapa yang ingin sukses di akhirat maka hendaklah dengan ilmu, dan barangsiapa yang ingin sukses pada keduanya (dunia dan akhirat) maka hendaklah dengan ilmu (pula)". (HR. Bukhari-Muslim)


خَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ


"Sebaik-baiknya manusia adalah yang banyak manfaatnya bagi orang lain". (HR. Bukhari).

Info lebih lanjut, silahkan kunjungi/klik/sentuh website/laman dibawah ini: 

>> 1001inventions.com
>> MuslimHeritage.com

Bagi yang kurang faham Bahasa Inggris, bisa menggunakan Google Translate.

Berikut ini beberapa video tentang Warisan Peradaban Islam Bagi Perkembangan Teknologi Modern yang bisa langsung diputar/didengarkan/ditonton secara online (streaming) atau langsung diunduh/download.

7 Ilmuwan Muslim Terhebat (On The Spot/Trans 7)

Baca Juga:

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Ilmu Pengetahuan, Warisan Budaya Islam Yang Terlupakan"

  1. di ndonesia ges aya can?

    BalasHapus
  2. @Anonymous: Coba cek di Gramedia, Dahlan, al-Azhar dll..

    BalasHapus
  3. kelompok tertentu di belahan dunia lain memang sering 'memutar balikan fakta' tentang Islam, makasih sharenya akang, met liburan :)

    BalasHapus
  4. salam sobat
    sangat disayangkan ,kalau ilmu pengetahuan warisan budaya islam dilupakan.
    trims sharingnya.

    BalasHapus
  5. kepingin punya bukunya...ada gak atau sudah beredar di sini ?

    BalasHapus
  6. dan memang sungguh malang jika sejarah itu harus didustakan apalagi diputarbalikkan..

    BalasHapus
  7. wah, bisa mendapatkan buku itu di mana ya?

    BalasHapus
  8. wah mantaf ne kawan infonya, sayang juga seh jika fakta diputar balikkan sama mereka2. makasih kwan untuk infonya

    BalasHapus
  9. kenapa dilupakan yaw.. masak lupa sama semboyan JasMerah hehehe. salam kenal kawan.

    BalasHapus
  10. memang banyak sudah kelompok2 tertentu yang memutar balikkan fakta tentang islam dan menyudutkan agama islam sehingga dinilai negatif.
    semoga Allah SWT selalu memberikan hidayah kepada orang2 yang selalu memutar balikkan fakta.

    Dengan ilmu bikin hidup jadi mudah
    Dengan seni bikin hidup jadi indah
    Dengan agama bikin hidup jadi terarah.

    semoga sukses selalu n tetap semangat

    BalasHapus
  11. @Aryadevi, Joe: Coba cek di Gramedia, Dahlan, al-Azhar dll..

    BalasHapus
  12. @ALL: Terima Kasih atas Kunjungan dan Komentar Anda semua..

    BalasHapus
  13. rikyrianto10/07/18, 18.44

    bagus bang .. boleh ga di dwonload buat d jadikan backsound film

    BalasHapus