WPS Office, Aplikasi Gratis Terbaik Pengganti Microsoft Office (untuk PC/Laptop dan Smartphone)

Di zaman modern ini, selain komputer dan internet, aplikasi office seperti: Word/Writer, Excel/Spreadsheet dan Powerpoint/Presentation, merupakan aplikasi dasar yang perlu dipahami dan dikuasai khususnya oleh para Pelajar, Mahasiswa, Guru, TU, Kepala Sekolah, Sekretaris, Penulis, Wartawan, Blogger atau Pengusaha dalam bidang tertentu dan lain sebagainya, sebagai keahlian dasar untuk menunjang pekerjaan sesuai bidangnya masing-masing.

Begitu juga dengan Hp/smartphone, kini bukan lagi barang mewah, hampir setiap orang memilikinya, untuk mendukung aktivitas dalam berbagai hal hanya dalam genggaman tangan dengan sentuhan di layar smartphone.

Fungsi dari Hp/Smartphone saat ini pun sudah makin berkembang dan bukan sekedar untuk keperluan telepon dan berkirim pesan saja tetapi bisa lebih dari itu, seperti: mendengarkan musik, bermain game, berselancar di internet, menulis, mencatat, membaca berita di media online, membaca buku (buku digital/buku elektronik/ebook), video call, streaming audio/video, menonton video/film, membuat blog/vlog, belanja online, transfer uang, membaca al-qur'an (qur'an digital), membaca terjemah atau tafsir alquran dan lain sebagainya. Bahkan dalam dunia pendidikan pun, seperti buku sekolah elektronik (BSE) atau ulangan/ujian sekolah bisa menggunakan Smartphone Android.

Berhubungan dengan aplikasi office, WPS Office (sebelumnya bernama Kingsoft Office) adalah salah satu aplikasi/software/perangkat lunak gratis terbaik pengganti Microsoft (MS) Office yang berbayar. WPS Office di dalam Office Suite-nya sudah termasuk: Writer (pengganti MS Word), Presentation (pengganti MS Powerpoint) dan Spreadsheet (pengganti MS Excel).

Dari segi tampilan, WPS Office sangat mirip dengan Microsoft Office. Jadi, bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word, Excel atau Powerpoint tidak akan terlalu sulit ketika menggunakan WPS Writer, Spreadsheet atau Presentation.

Dari segi kualitas juga tidak perlu diragukan lagi, dengan kata lain WPS Office ini gratis tapi dengan kualitas premium, tidak kalah dengan aplikasi sejenis yang berbayar. Bahkan, WPS Office versi Mobile (untuk smartphone/tablet), walau gratis tapi telah banyak mendapat pengakuan dan penghargaan sebagai salah satu Aplikasi Office Terbaik. Jadi, Anda tidak perlu ragu dengan kualitasnya.

Banyak orang saat ini rata-rata menggunakan Microsoft Office, tapi sayang sekali kebanyakan menggunakan aplikasi bajakan karena Microsoft Office tidak gratis alias berbayar. Alangkah baiknya bagi pengguna Microsoft Office Bajakan segera beralih ke WPS Office sebagai alternatif pengganti yang sudah cukup mumpuni dan tentu saja gratis.

Keunggulan WPS Office, antara lain:
  1. Gratis dan tidak perlu membayar lisensi (versi free), jadi kita tidak perlu repot-repot untuk mencari Software/Aplikasi Bajakan atau Crack, KeyGen, Warez dan Serial Number, yang terkadang disusupi virus/spyware/adware/malware;
  2. User interface/tampilan/antarmuka WPS Office sangat mirip (serupa) dengan Microsoft Office;
  3. Banyak pilihan untuk mengganti tampilan (theme/skin/style) dengan mudah;
  4. Dapat digunakan dalam berbagai macam sistem operasi, seperti: Windows, Linux, Mac/iOS dan Android;
  5. Kompatibilitas yang sangat baik dengan Microsoft Office (ekstensi docx, xlsx dan pptx);
  6. WPS Office ukuran file-nya cukup kecil dibandingkan MS Office dan tidak rakus memory, serta proses instalasi/pemasangan aplikasi WPS Office juga lebih cepat dari MS Office;
  7. PDF Reader, bisa membuka/membaca file PDF; 
  8. PDF Converter, bisa mengkonversi/merubah file office ke format PDF;
  9. WPS Office mendukung lebih dari 50 bahasa, termasuk bahasa indonesia;
  10. Waktu yang dibutuhkan untuk membuka sebuah file terasa lebih cepat dibandingkan dengan Microsoft Office;
  11. WPS Office memiliki fitur All In One Mode (all tabs in one window); bisa mengerjakan beberapa file dalam satu jendela, seperti membuka tab baru di browser/peramban, bisa membuka Document/Word, Spreadsheets/Excel, Presentation/Powerpoint dan PDF dalam satu jendela secara bersamaan. Fitur ini tidak dimiliki oleh Microsoft Office.

Fungsi dan Kegunaan: 

WPS Office Writer / Microsoft Word adalah sebuah program aplikasi pengolah data berupa huruf/kata yang biasa digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen, persuratan dan lain lain.

WPS Office Spreadsheet / Microsoft Excel merupakan aplikasi untuk mengolah data secara otomatis yang dapat berupa perhitungan dasar, rumus, pemakaian fungsi-fungsi, pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik, menajemen data dan lain-lain.

WPS Office Presentation / Microsoft Powerpoint adalah program aplikasi yang berguna untuk membuat presentasi dalam bentuk slide, biasanya digunakan untuk keperluan presentasi, mengajar dan untuk membuat animasi sederhana.

Download/unduh WPS Office untuk Komputer/PC Desktop/Laptop Windows, Mac/iOS dan Linux: KLIK DISINI

Install/pasang WPS Office untuk Hp/Smartphone/Tablet Android: KLIK DISINI

Install/pasang WPS Office untuk Hp/Smartphone/Tablet iOS (iPad/iPhone)KLIK DISINI

Untuk mempercepat download/unduh: KLIK DISINI

Baca juga: 
OpenOffice, Aplikasi Gratis Pengganti Microsoft Office

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "WPS Office, Aplikasi Gratis Terbaik Pengganti Microsoft Office (untuk PC/Laptop dan Smartphone)"

  1. I like this blog very much so much good information.

    BalasHapus
  2. mau nanya gan klo mau nulis angka arab di wps gimn aya

    BalasHapus
  3. mau nanya gan klo mau nulis angka arab di wps gmn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Caranya sama seperti di Microsoft Office gan.. dalam OS-nya tinggal nambah/rubah/ganti saja bahasanya ke dalam Bahasa Arab, maka secara otomatis WPS Office akan mengikuti bahasa OS-nya..

      Hapus
  4. Makasih ya untuk informasinya.
    Sangat bermanfaat sekali.

    Kunjungan balik ya ke web saya 5 Aplikasi Gratis Penunjang Laptop atau Toko Komputer Online Terpercaya

    BalasHapus