Kang RAMDHAN

Blog Sagala Aya alias Blog Gado-Gado..

SELAMAT DATANG | WILUJEUNG SUMPING أهلا وسهلا | WELCOME

Gejala atau Efek saat Berhenti Merokok

Dalam postingan sebelumnya telah dijelaskan tentang Tips Ampuh Berhenti Merokok (baca: 17 Tips Ampuh Bantu Anda Berhenti Merokok). Sekarang akan dibahas tentang Gejala atau Efek yang Dirasakan Seseorang saat Berhenti Merokok.

Berhenti merokok adalah tantangan yang sangat berat bagi perokok, jadi bersiaplah untuk tantangan tersebut. Biasanya, Anda akan menghadapi tantangan berat pada minggu pertama hingga minggu kedua. Jadi bulatkan tekad Anda untuk berhenti merokok dan bersiaplah dengan gejala-gejalanya.

Ketika Anda merokok, mungkin memang Anda akan merasakan rasa nikmat. Tetapi apakah Anda sadar jika rasa nikmat itu palsu yang justru akan merusak tubuh Anda. Atau dengan kata lain kenikmatan sesaat yang membawa sengsara dan petaka jangka panjang. Yang membuat kenikmatan tersebut muncul adalah zat nikotin dari rokok, semakin Anda sering merokok maka Anda akan menjadi semakin kecanduan. Dan dengan terus merokok, rasa nikmat tersebut seolah-olah makin menjadi-jadi tanpa mau berhenti.

Karena alasan inilah, maka jika seseorang sudah kecanduan nikotin pada rokok maka orang tersebut tidak akan tahan apabila tidak merokok, sementara kesehatan akan semakin tergerus, banyak organ tubuh yang rusak karena zat kimiawi atau berbagai variasi racun yang berbahaya yang terkandung dalam rokok yang ikut masuk dalam tubuh bersama asap rokok dengan kandungan nikotin.

Nikotin merupakan macam zat adiktif yang benar-benar kuat yang bisa menimbulkan efek ketagihan dan kecanduan. Jika sudah begitu maka orang tersebut akan mengalami kesulitan saat hendak menghentikan kebiasaan merokok. Dengan kata lain, semakin lama merokok maka efek kecanduan pada nikotin akan semakin kuat dan parah. Apabila berhenti merokok, perokok aktif tersebut akan benar-benar merasa tersiksa, baik secara lahir dan batin.

Gejala atau Efek yang Dirasakan Seseorang saat Berhenti Merokok:

Badan Pegal Linu, Kulit Sensitif (Bermasalah), Mulut Terasa Asam dan Kering, Batuk-Batuk, Perut Kembung, Kram, Mual-Mual, Merasa Mudah Lelah, Sakit Kepala dan Kepala Pusing, Sering Buang Angin, Sembelit, Tenggorokan Kering, Gangguan Psikologis atau Batin, Gelisah, Mudah Bosan dan Kesal, Depresi dan Stress, Peningkatan Nafsu Makan, Insomnia/Sulit Tidur, Sulit Berkonsentrasi, Mudah Marah.

Selain gangguan-gangguan di atas, mungkin Anda juga akan merasakan gejala atau efek yang lain lagi. Kondisi diatas adalah kondisi yang harus dilalui oleh seseorang yang ingin berhenti merokok.

Namun, banyak orang masih terus merokok bahkan terkadang ada perokok yang sudah mencoba berhenti merokok namun akhirnya kembali lagi melakukan kebiasaan merokok ini dengan alasan tidak tahan menahan efek samping tersebut dan beribu-ribu alasan lainnya hingga akhirnya terlalu terlambat, dan banyak organ tubuh yang rusak.

Padahal, gejala-gejala itu hanya sementara sebagai bagian dari Detoksifikasi (Proses Pengeluaran Racun Dalam Tubuh). Setelah Anda berhasil melewati dan mengalahkan rasa sakit atau tidak enak dari gejala-gejala itu, maka Anda akan mendapatkan hasilnya yang luar biasa.

----------------------------------------

Tulisan ini dirangkum dari berbagai sumber dan beberapa pengalaman para perokok yang telah berhasil berhenti merokok.

Intinya.. berhasil tidaknya berhenti merokok tergantung niat dan kesadaran diri sendiri.

Apabila Anda tidak sayang terhadap tubuh Anda, maka sayangilah keluarga Anda beserta anak dan istri Anda..

Apabila Anda tidak sayang terhadap tubuh Anda, keluarga Anda, anak dan istri Anda.. maka sayangilah orang-orang yang dicintai/disayangi Anda.

Dan.. Apabila Anda tidak sayang juga terhadap tubuh Anda, keluarga Anda, anak dan istri Anda.. beserta orang-orang yang dicintai/disayangi Anda, maka sayangilah dan hargailah orang-orang yang dekat di sekitar Anda.

Apabila Anda mau tetap merokok dengan berbagai macam alasan, dengan beribu-ribu alasan, silahkan.. tidak apa-apa, itu hak Anda.. terserah Anda, itu masalah hidup Anda.. karena hidup adalah pilihan. Anda mau hidup sehat atau sakit, Anda mau hidup normal atau tidak, Anda mau menikmati sisa hidup anugerah Allah ini penuh bahagia dengan sehat wal afiat atau dipenuhi penyakit dengan hidup yang sakit-sakitan???.. mangga.. silahkan.. Anda bebas memilih. 

Yang penting tau etika, bisa menempatkan dan menyesuaikan diri. Karena banyak kasus, merokok sembarangan seenaknya dimana saja dengan tidak melihat situasi dan kondisi sehingga sangat mengganggu kenyamanan dan kesehatan orang lain yang tidak merokok (perokok pasif).

Mari kita budayakan etika saling menghargai dan menghormati, agar hidup ini aman, nyaman dan tentram.

Carilah, undanglah dan datangkanlah penyakit hanya untuk diri Anda sendiri jangan bagi-bagi. Kecuali kalau duit, boleh donk dibagi hehe..
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Gejala atau Efek saat Berhenti Merokok"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top