Keajaiban Al-Quran, Mengungkap Ilmu Pengetahuan Modern

Al-Qur'an adalah firman Allah yang di dalamnya terkandung banyak sekali sisi keajaiban yang membuktikan fakta ini. Salah satunya adalah fakta bahwa sejumlah kebenaran ilmiah yang hanya mampu kita ungkap dengan teknologi abad ke-20 ternyata telah dinyatakan al-Qur'an sekitar 1400 tahun lalu. Tetapi, al-Qur'an tentu saja bukanlah kitab ilmu pengetahuan. Namun, dalam sejumlah ayatnya terdapat banyak fakta ilmiah yang dinyatakan secara sangat akurat dan benar yang baru dapat ditemukan dengan teknologi abad ke-20. Fakta-fakta ini belum dapat diketahui di masa al-Qur'an diwahyukan, dan ini semakin membuktikan bahwa al-Qur'an adalah firman Allah.
Firman Allah SWT.

وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيرًا مِّنَ الْجِنِّ وَالْإِنسِ ۖ لَهُمْ قُلُوبٌ لَّا يَفْقَهُونَ بِهَا وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لَّا يُبْصِرُونَ بِهَا وَلَهُمْ آذَانٌ لَّا يَسْمَعُونَ بِهَا ۚ أُولَـٰئِكَ كَالْأَنْعَامِ بَلْ هُمْ أَضَلُّ ۚ أُولَـٰئِكَ هُمُ الْغَافِلُونَ
Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk isi neraka Jahannam kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu seperti binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai. (Q.S. al-A'raf: 179).

AL-QUR'AN DAN ASTRONOMI
Banyak fakta, seperti penciptaan alam semesta dari ketiadaan, mengembangnya alam semesta, serta garis-garis edar planet di jagat raya, yang hanya mampu diketahui melalui astronomi modern, telah diberitakan dalam al-Qur'an sekitar 1400 tahun lalu. 

AL-QUR'AN DAN FISIKA
Tahukah Anda bahwa unsur besi pada awalnya terbentuk di bintang-bintang di luar angkasa, bahwa materi diciptakan berpasang-pasangan, dan bahwa waktu adalah suatu konsep yang relatif? Al-Qur'an telah mengisyaratkan tentang semua fakta ilmiah ini. 

AL-QUR'AN DAN BUMI
Banyak fakta ilmiah, dari lapisan-lapisan atmosfir hingga fungsi geologis gunung, dari proses pembentukan hujan hingga struktur dunia bawah laut, dijelaskan dalam ayat-ayat al-Qur'an. 

AL-QUR'AN DAN BIOLOGI
Al-Qur'an memaparkan perkembangan embrio manusia dalam rahim ibu melalui penjelasan yang benar-benar sesuai dengan penemuan embriologi modern. 

INFORMASI MENGENAI PERISTIWA MASA DEPAN DALAM AL-QUR'AN
Allah mengisahkan dalam al-Qur'an tentang sejumlah peristiwa penting yang akan terjadi di masa depan, dan berbagai peristiwa ini terjadi persis sebagaimana kisah tersebut. 

PENGETAHUAN AL-QUR'AN
Untuk meningkatkan pengetahuan Anda tentang al-Qur'an, Anda dapat mengunjungi, "Pengetahuan Al-Qur'an" dan "Indeks Al-Qur'an". Pada bagian ini, ayat-ayat al-Qur'an dikelompokkan menurut pokok bahasannya. 

Selengkapnya: KLIK DISINI

NB:  
Rasanya belum lengkap kalau al-Qur'an (termasuk al-Hadits) hanya sekedar dijadikan pajangan atau hiasan saja. Namun juga perlu dikaji, dipahami dan diaplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari. Karena itulah hakikat al-Qur'an diturunkan ke bumi, sebagai penuntun dan penerang jalan hidup di dunia dan akhirat. 

Namun, jika ada yang belum paham mengenai makna dan/atau Tafsir al-Qur'an, silahkan bertanya langsung kepada ahlinya. Sebab, al-Qur'an adalah Mukjizat yang jelas tidak sama seperti buku-buku dan/atau ilmu-ilmu biasa. 

Dan untuk memahami kandungan al-Qur'an (khususnya makna ayat al-Qur'an yang bersifat dhonni/tersirat) perlu didukung oleh ilmu-ilmu pendukung lainnya.  Jika tidak, maka dikhawatirkan akan terjadi salah tafsir.

Baca juga:
1. Software al-Quran Digital Gratis
2. Software Belajar Tajwid
3. Ilmu Pengetahuan, Warisan Budaya Islam Yang Terlupakan
4. Habibie: Jangan Terlalu Banyak Berkonsentrasi pada Kejayaan Masa Lampau

3 Komentar

Gudang Ilmu mengatakan... Balas

nice inpoh gan

RAMDHAN mengatakan... Balas

@Gudang Ilmu: Inilah salah satu bukti bahwa al-Qur'an benar-benar Mu'jizat... Ilmu pengetahuan modern pun telah membuktikannya dengan penelitian sangat mendalam yg disertai bukti ilmiah. Tapi ternyata masih banyak orang yg mengingkari walau bukti di depan mata..

obatnoni mengatakan... Balas

Mksh kang utk donlotnya, so pasti (Insya Allah) amal baik akang diliputi keberkahanNya. Amin.

Poskan Komentar