SHALAT, Tiang Agama Yang Sering Terlupakan

Shalat (wajib lima waktu) adalah rukun islam yang ke 2 (dua), merupakan tiang agama dan menjadi salah satu tolak ukur sejauh mana seorang (yang mengaku) muslim menjadi muslim yang sejati. 

Jika diibaratkan dalam sebuah bangunan; bangunan (apapun) akan rapuh jika tanpa dilandasi dengan sebuah pondasi yang tegak, kuat dan kokoh. Namun, cukupkah sebuah bangunan yang hanya dilandasi dengan pondasi yang tegak, kuat dan kokoh?, tentu belum cukup. Yang tidak kalah penting, bagaimana bangunan tersebut agar terlihat indah, menarik dan enak dipandang. Dan langkah selanjutnya adalah, kita harus tetap merawat bangunan tersebut agar tetap terjaga dan terpelihara. 

Begitu pula dalam Shalat; Shalat ibarat tiang, Agama ibarat bangunan yang akan terlihat indah dengan perilaku umatnya yang sopan dan terpuji yang akan tetap terpelihara dengan mempelajari, memahami dan melaksanakan/mengamalkan Ajaran Agama. 

Firman Allah SWT.:

قُلْ إِنَّ صَلاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Katakanlah: Sesungguhnya sembahyangku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam (Q.S. al-An'am :162)


أَلا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ... 

... Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram (Q.S. ar-Ra'd: 28) 


إِنَّمَا يَتَقَبَّلُ اللَّهُ مِنَ الْمُتَّقِينَ ...

... "Sesungguhnya Allah hanya menerima (amal ibadah) dari orang-orang yang bertakwa" (al-Maidah: 27)

Sabda Rasulallah SAW.: 

“Salah satu batas (yang membedakan) antara Muslim dengan Kafir adalah Shalat.” (HR. Muslim)”

"Amal yang pertama kali akan dihisab untuk seorang hamba nanti pada hari kiamat ialah shalat, apabila shalatnya baik maka baiklah seluruh amalnya yang lain, dan jika shalatnya itu rusak maka rusaklah segala amalan yang lain" (H.R. Thabrani) 

WALLAHU'ALAM BISHAWAB..

2 Komentar

Hendro-Prayitno mengatakan... Balas

alhamdulilah, semoga saya tetap mengingat 5 waktu yang di wajibkan

RAMDHAN mengatakan... Balas

@Hendro: Alhamdulillah, Semoga kita semua bisa melaksanakan shalat wajib 5 waktu dan bisa merealisasikannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Amin..

Poskan Komentar