Meningkatkan Kualitas Audio Komputer/Laptop dan Smartphone dengan Mudah dan Praktis

Untuk meningkatkan kualitas suara/audio Komputer/PC Desktop/Laptop dan Smartphone, sebenarnya sangat mudah, cukup memaksimalkan saja yang ada atau melakukan beberapa langkah sederhana yang cukup mudah.

Komputer/PC/Laptop dan Smartphone sebenarnya telah dibekali pemutar audio/video bawaan. Namun, untuk sebagian orang dirasa kurang begitu optimal keluaran suaranya.

Oleh karena itu, dibawah ini akan diuraikan beberapa langkah mudah dan sederhana untuk meningkatkan kualitas suara Komputer/PC Desktop/Laptop dan Smartphone dengan Mudah dan Praktis.

Tidak hanya untuk mendengarkan musik, kegiatan lain yang berhubungan dengan audio seperti menonton film, bermain game, streaming video/audio, atau mendengarkan radio akan terasa lebih menyenangkan dengan kualitas suara terbaik.

Perlu digarisbawahi, bahwa kualitas audio/suara/musik juga ditentukan oleh kualitas gadget yang digunakan selain kualitas file audio itu sendiri. Makin baik kualitas gadget dan file audio yang digunakan, makin baik pula kualitas suara yang dikeluarkan/didengarkan.

Meningkatkan Kualitas Audio Komputer/PC Desktop/Laptop:

1. Fx Sound

Saya sendiri telah menggunakan Fx Sound ini sudah cukup lama, sejak masa-masa kuliah dulu. FX Sound ini dulu namanya DFX Audio Enhancer. Kini FX Sound memiliki tampilan/antarmuka yang berbeda, minimalis dan modern dengan kualitas suara setara dengan beberapa perbaikan dan peningkatan dalam versi terbaru.

Fx Sound ini ukuran file nya cukup kecil dan tampilannya di versi terbaru cukup sederhana dan mudah digunakan. Cara menggunakannya juga cukup mudah tinggal dipasang/install saja seperti biasa, kemudian aturlah efek suara sesuai kehendak.

Dulu.. FX Sound ini tidak gratis alias berbayar. Untuk versi gratis (free) tidak semua fiturnya bisa digunakan, salah satunya yaitu efek suara 3D Surround Sound. Dan untuk bisa menggunakan semua fiturnya, maka harus menggunakan versi berbayar (premium).

Sekarang.. FX Sound benar-benar 100% GRATIS dan bisa menggunakan semua fiturnya secara cuma-cuma. Dengan kata lain FX Sound ini merupakan aplikasi gratis kualitas premium.

3D Surround Sound berfungsi untuk memberikan efek suara dari berbagai sudut, yang membuat Anda mendengar suara dari sumber tertentu terasa dari berbagai arah yang membuat suara seperti menggema dan mengelilingi kepala pendengarnya. Suara seperti ini salah satunya dimanfaatkan saat pemutaran film di bioskop atau konser musik.

Maka, dengan efek 3D Surround Sound ini, mendengarkan musik atau menonton film akan terasa lebih dramatis layaknya menonton konser atau bioskop secara langsung. Bahkan, juga bisa memberikan efek dramatis untuk suara game lebih fantastis.

3D Surround Sound ini akan cukup terasa efeknya jika memakai headphone atau earphone.

Yang cukup menarik dari FX Sound ini, selain kualitas suara yang bisa diatur sesuai keinginan atau keperluan dengan mudah, juga tersedia Audio Bars Visualizer yang cukup jelas terlihat karena ukurannya cukup besar yang menari-nari/bergerak-gerak sesuai alunan dan irama musik/suara.

Aplikasi FX Sound ini tak hanya bisa digunakan untuk mengatur audio musik saja, tapi juga bisa digunakan untuk hal lain yang berhubungan dengan audio seperti menonton film, bermain game, streaming video/audio atau mendengarkan radio.

Download/Unduh FX SoundKLIK DISINI

2. Realtek Audio HD Manager

Bagi yang memiliki PC/laptop yang sudah terpasang Sistem Operasi Windows, biasanya "Realtek Audio HD Manager" ini telah tersedia karena sudah terintegrasi untuk kualitas audio berdefinisi tinggi. Kecuali bagi yang meng-install ulang OS Windows atau untuk PC rakitan, maka harus di-intall dulu Driver "Realtek High Definition Audio Codec".

Dan kalau sudah ada pun alangkah baiknya driver tersebut diperbaharui/di-update ke versi terbaru, karena dalam versi terbaru biasanya telah tersedia beberapa perbaikan/penyempurnaan/peningkatan.

Atau.. biar lebih mudah, cepat dan praktis silahkan baca: 

Cara Update Semua Driver Komputer/Laptop dengan Mudah, Cepat dan Praktis

Namun, "Realtek Audio HD Manager" ini terkadang tidak muncul/nampak walau Realtek High Definition Audio Driver nya sudah terpasang. Dan untuk memunculkan dan menggunakannya tinggal cari saja di kolom pencarian (cortana) atau melalui "Task Manager" (CTRL+ALT+DEL) atau melalui Control Panel - Hardware and Sound.

Download/Unduh Realtek High Definition Audio Codecs: KLIK DISINI

Dengan menggunakan Realtek Audio HD Manager dan/atau Fx Sound ini (pilih salah satu saja), maka keluaran suara/speaker Komputer/PC/Laptop akan lebih mantap, walau hanya menggunakan Speaker/Headset yang kualitasnya biasa saja pun sudah cukup (lumayan) terasa perbedaannya, apalagi kalau menggunakan speaker/headset yang berkualitas baik, akan sangat terasa sekali perbedaannya. Terutama ketika mendengarkan musik, memainkan game atau menonton film/video, serasa nonton film dalam bioskop hehe..

Untuk mempercepat download/unduhan: KLIK DISINI

Meningkatkan Kualitas Audio Smartphone:

1. Bass Booster & Equalizer

Aplikasi Bass Booster & Equalizer fiturnya sangat lengkap yang terdiri dari Bass Booster, Virtualizer, 10-band Equalizer dan lainnya.

Menariknya aplikasi ini tak hanya bisa digunakan untuk mengatur audio musik saja, tapi juga bisa digunakan untuk hal lain yang berhubungan dengan audio seperti menonton film, bermain game, streaming video/audio atau mendengarkan radio.

Install/Pasang Bass Booster & EqualizerSENTUH/KLIK DISINI

2. Boom: 3D Surround Sound

Bagi yang kurang puas dengan aplikasi pemutar musik yang sudah ada saat ini, bisa mencoba Boom Music Player yang memiliki fitur efek Virtual 3D Surround Sound yang lebih baik dari stereo. Membuat sebuah musik terdengar lebih nyata dan jernih, ditambah efek "Bass Boost" yang membuat suara bass lebih menggelegar seolah sedang mendengarkan konser.

Selain efek Virtual 3D Surround Sound, juga memiliki fitur Bass Boost dan 16-band Equaliser yang bisa diatur secara otomatis atau manual sesuai dengan jenis atau genre musik atau sesuai yang dikehendaki.

3D Surround Sound berfungsi untuk memberikan efek suara dari berbagai sudut, yang membuat Anda mendengar suara dari sumber tertentu terasa dari berbagai arah yang membuat suara seperti menggema dan mengelilingi kepala pendengarnya. Suara seperti ini salah satunya dimanfaatkan saat pemutaran film di bioskop atau konser musik.

Maka, dengan efek 3D Surround Sound ini, mendengarkan musik atau menonton film akan terasa lebih dramatis layaknya menonton konser atau bioskop secara langsung. Bahkan, juga bisa memberikan efek dramatis untuk suara game lebih fantastis.

3D Surround Sound ini akan cukup terasa efeknya jika memakai headphone atau earphone.

Namun, untuk menikmati fitur 3D Surround Sound ini berbayar alias tidak gratis yang memiliki masa trial selama 7 hari. 

Apakah bisa menggunakan yang versi berbayar (paid) secara cuma-cuma alias gratis (free)???.. bisa saja, tinggal tanya saja mBah Google yang baik hati dan rajin menabung, loh kok.. jaka sembung... ???.... teu nyambung.. haha..

Boom tak hanya bisa digunakan untuk memainkan file audio/musik saja, tapi juga bisa memainkan file video/film.

Install/Pasang Boom: Bass Booster & Equalizer: SENTUH/KLIK DISINI

Baca Juga:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Meningkatkan Kualitas Audio Komputer/Laptop dan Smartphone dengan Mudah dan Praktis"

Posting Komentar