Memaksimalkan Perlindungan Komputer dari Serangan Virus

Untuk keamanan dan kenyamanan dalam penggunaan Komputer (PC Desktop/Laptop/Notebook) khususnya yang sering dipakai internetan, sering memasang/install software/aplikasi terutama aplikasi bajakan atau aplikasi yang tidak jelas sumbernya, atau sering mencolokkan USB yang berbeda macam dll., dianjurkan untuk menggabungkan anti virus lokal dan impor secara bersamaan.

Banyak beredar Anti Virus Lokal dan Impor, mulai dari harga yang mahal, murah  bahkan gratis yang bisa dipilih sesuai selera dan kebutuhanAnti Virus Lokal dan Impor yang Gratis (suka banget kan yang gretongan haha…), salah satunya yaitu: MSE/Windows Defender  dan SMADAV.

Baca Juga: 
>> MSE/Windows Defender, Anti Virus Gratis Besutan Microsoft
>> SMADAV, Anti Virus Lokal yang Handal

Keduanya sama-sama tangguh, ringan dan handal. SMADAV bertugas untuk melindungi Komputer dari serangan virus & malware lokal sedangkan MSE/Windows Defender bertugas untuk melindungi Komputer dari serangan Virus & Malware internasional (global) sehingga komputer kita pun akan terlindungi secara maksimal. 

Kenapa kita sangat disarankan untuk menggabungkan anti virus/malware lokal dan impor? pada umumnya anti virus/malware lokal tidak mampu memberantas virus/malware asing (gobal), begitupun sebaliknya anti virus/malware impor tidak mampu memberantas virus/malware lokal dengan tuntas.

MSE/Windows Defender dan SMADAV, keduanya bisa berjalan dan berdampingan sesuai dengan tugasnya masing-masing secara harmonis. Ketika ada virus yang tidak bisa diberantas oleh SMADAV maka menjadi tugas MSE/Windows Defender untuk memberantasnya, begitupun sebaliknya. Dan keduanya juga sama-sama ringan (tidak memberatkan sistem operasi (operating system) komputer.

Dan yang tidak kalah penting, Anti Virus/Malware apapun harus selalu di-update/diperbaharui untuk mengimbangi perkembangan Virus/Malware terbaru yang penyebarannya begitu cepat.

Kalau ada yang gratis, buat apa beli yang mahal-mahal. Betul tidak? kata Aa Jimi. Betul.. Betul.. Betul.. kata Ipin & Upin he99,9x..


Update: Windows 8 & 10 tidak memerlukan  lagi Anti Virus karena sudah terpasang anti virus bawaan yang diberi nama Windows Defender. Sedangkan Microsoft Security Essentials (MSE) khusus untuk Windows 7 & Vista. Jadi.. untuk Windows 8 & 10 cukup dipasang SMADAV saja (anti virus lokal).


Tidak ada perbedaan yang mencolok antara Windows Defender & MSE, keduanya memiliki tampilan yang mirip dan serupa. Mungkin hanya perbedaan nama dan versi saja.


Komputer/laptop yang sistem operasinya sudah terpasang anti virus bawaan, rasanya buat apa dipasang lagi anti virus, tinggal gunakan dan maksimalkan saja yang ada dan terus di-update/diperbaharui saja anti virusnya. Karena banyak memasang anti virus juga terkadang bisa menyebabkan sistem komputer/laptop menjadi lambat dan kurang bertenaga apalagi komputer/laptop yang spesifikasinya cukup rendah, pasti akan terjadi 4L (lemah, letih, lesu dan letoy).. hehe..

Baca juga:
BAIDU PC FASTER, Software Gratis Meningkatkan Kinerja Komputer Lebih Optimal dan Cepat

22 Responses to "Memaksimalkan Perlindungan Komputer dari Serangan Virus"

  1. Nice info, Gan! thx tlh berbagi....

    ReplyDelete
  2. komputer saya kena malware my security engine, jutek banget ngurusinnya, gimana ya cara ngatasinnya...? nuhun..

    ReplyDelete
  3. @Yafiz: Sama-sama.. terima kasih kembali

    ReplyDelete
  4. @Tour: Apakah sudah mencoba MSE & SMADAV terbaru (up to date)? Atau silahkan kunjungi situs ini: http://spyware.scanspyware.net/spyware-removal/My+Security+Engine.html?lang=id

    ReplyDelete
  5. virus-virus.... menjengkelkan...banyak file diduplikat dan dijadikan exe... MSE bisa didapat dimana ya... kunjungan perdana

    ReplyDelete
  6. @Donnya: Terima kasih atas kunjungan perdananya. Tinggal diklik aja mas tulisan MSE/SMADAV yg berwarna merah..

    ReplyDelete
  7. terima kasih untuk informasinya, bermanfaat.

    ReplyDelete
  8. @OmRame: sama-sama om.. terima kasih kembali

    ReplyDelete
  9. Slmt mlm, slmt beristirahat :) Maaf bru bls, soalnya sibux bgts neeh...

    ReplyDelete
  10. @Salon: Sama-sama.. gpp, dimaklum kok..

    ReplyDelete
  11. Mampiirrr... slmt pgi, slmt beraktifitas ... Btw, kang Ramdhan iqtan Auto Traffic untuk Alexa Rank, jadi referral siapa? Koq namanya gak muncul di referral q ???

    ReplyDelete
  12. @Salon: saya kurang tau bu, krn saya belum paham. Saya langsung aja daftar. Trus gimana ya cara yg benar?

    ReplyDelete
  13. Bagus sekali articel ini.
    Memangnya jika tidak diupdated seseringnya,
    mudah sekali virus mahu nempelan,haha

    ReplyDelete
  14. @Faznul: utk update, itu tergantung update dr pembuat antivirus ybs. Boleh lah sesering mungkin klo bisa update sendiLi haha..

    ReplyDelete
  15. waduh memang bener ini
    antivirus yang free tapi kualitasnya bagus ini nie ane coba download ahh hihihi

    ReplyDelete
  16. @Gudang Ilmu: Ternyata ada juga ya, yg gratis kualitas berbayar hehe..

    ReplyDelete
  17. @ Ramdhan : io kawkakwkakwkaw

    ReplyDelete
  18. kunjungan balik mas.. salam kenal....
    bagus postingannya mas...

    ReplyDelete
  19. @Book: Salam kenal juga. Terima kasih..

    ReplyDelete
  20. posting yg bagus dan sangat bermanfaat.
    kang RAMDHAN? nanya nich???
    sy kan dah pake smadav, dan anvast. biasa anti virus gratis. klo sy tambah 1lagi ma MSE bisa g???
    trima kasih atas jwbny.

    ReplyDelete
  21. sepakat deh.....kalau MSE and SMADAV udah join...wihh....virus serasa ga' ada yang bisa nembus...laptop aku aja udah 1 tahun lebih..make nih 2 anti-virus tahan...udah jarang install ulang gara2 virus...kalau install ulang paling cobain OS baru....serius deh....asal MSE nya rajin update...mau manual atau online....bisa....

    ReplyDelete
  22. malware dan spyware,,, ada satu lagi kank yang sering buat pusing ceu kokom, yaitu trojan.gen dan trojan" lain nya,,, cara nangkal nya gemana nih soal nya trojan suka nempel di sintem yang fatal dan lama kelamaan ngerusak malah sampe ngehilangin itu sistem

    ReplyDelete