Angklung, Musik Tradisional Sunda yang Mendunia (dilengkapi Audio dan Video Instrumental Musik Angklung Modern)

Angklung adalah alat musik Tatar Sunda - Jawa Barat yang terbuat dari bambu. Pada tanggal 16 November 2010, angklung telah mendapat pengakuan dan ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda (The Intangible Heritage) dalam Sidang Inter-goverment al Committee for the Safeguarding of Intangible Cultural Heritage (IGC-ICH) di Nairobi, Kenya.

Selain angklung.. juga batik, keris dan wayang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia.

Baca juga: BATIK.. Warisan Dunia dari Indonesia

Angklung kini bukan milik orang sunda atau warga jawa barat saja, tapi telah menjadi kebanggaan indonesia dan sudah menjadi milik dunia. Angklung pun kini dimainkan bukan hanya oleh bangsa indonesia saja, melainkan juga oleh bangsa-bangsa lain di dunia.

Angklung telah ditetapkan dan masuk dalam Daftar Representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity), karena angklung merupakan bagian penting yang menunjukkan identitas budaya masyarakat Jawa Barat. Selain itu angklung juga mengandung nilai-nilai dasar kerjasama, saling menghormati dan menimbulkan keharmonisan sosial.

Setiap angklung menghasilkan nada atau akord yang berbeda. Oleh karenanya, dalam memainkan angklung dibutuhkan kebersamaan serta kekompakan untuk menjadi sebuah irama yang dapat dinikmati bersama.

Angklung jaman dulu (angklung buhun/tradisional) tentu saja berbeda dengan angklung zaman sekarang (angklung modern) yang telah mengalami perkembangan dan penyempurnaan, sehingga kini angklung bisa dikolaborasikan dengan berbagai macam musik modern.

Berikut ini adalah beberapa file audio (MP3) Instrumental Musik Angklung (Indonesian Bamboo Music), dilengkapi dengan video yang dikolaborasikan dengan musik modern, yang bisa langsung diputar/didengarkan/ditonton secara online (streaming) atau langsung diunduh/download.
5. Matsuri (Kitaro)

 


Untuk mempercepat download/unduh: KLIK DISINI

Baca Juga:

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Angklung, Musik Tradisional Sunda yang Mendunia (dilengkapi Audio dan Video Instrumental Musik Angklung Modern)"

  1. Memang harus nya indonesia bangga dengan kekayaan warisan budaya yg ada, namun sekarang banyak yg tidak mau mempelajari ataupun melestarikan warisan budayanya sendiri

    BalasHapus