Aplikasi Tuntunan Sholat, Karya Mahasiswa UIN Bandung

Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung telah menelurkan karya aplikatif bagi para pengguna ponsel cerdas (smartphone) android, yakni aplikasi Tuntunan Shalat yang telah menghiasi Google Play (pasar bagi pengguna smartphone berbasis android).

Selain Tuntunan Shalat, banyak juga aplikasi lainnya, dan dari sekian banyak aplikasi karya Mahasiswa UIN Bandung tersebut, Tuntunan Shalat adalah salah satu aplikasi yang memperoleh review terbanyak dengan tanda lima bintang yang menunjukkan aplikasi tersebut mendapatkan respons positif dari para pengguna.

Install/Pasang Aplikasi Tuntunan Shalat untuk Hp/Smartphone/Tablet AndroidKLIK DISINI

------------------------------------

SEKILAS TENTANG UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) BANDUNG:

Universitas Islam Negeri (UIN) Bandung adalah salah satu Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN), seperti: UIN, IAIN, STAIN yang tersebar di seluruh wilayah indonesia.

Hingga saat ini kurang lebih ada sekitar 58 PTAIN (Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri) di Indonesia yang terdiri dari 17 UIN (Universitas Islam Negeri), 34 IAIN (Institut Agama Islam Negeri) dan 7 STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri) yang tersebar di seluruh wilayah indonesia.

Menurut Prof. Dr. Phil H. Kamaruddin, M.A, Direktur Jenderal Dirjen Pendis RI (Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia), seluruh STAIN ditargetkan akan ditingkatkan statusnya menjadi IAIN pada tahun 2019, kecuali STAIN yang baru dibangun. Namun, tidak semua IAIN akan beralih status/berubah menjadi UIN.

Beberapa PTAIN ada yang telah memiliki Ma’had Al-Jami’ah (Pesantren Kampus). Tidak sedikit pula Pondok Pesantren yang telah memiliki Perguruan Tinggi/Universitas dan Ma'had Aly (Pesantren Tinggi) yang kualitasnya sudah cukup baik, dan biasanya Pondok Pesantren yang telah memiliki Perguruan Tinggi ini juga telah memiliki lembaga pendidikan formal dari tingkat dasar-menengah-atas, seperti: RA/TK, MI/SD, MTs/SMP, MA/SMA dan MAK/SMK yang kualitasnya sudah cukup baik pula.

PERLUASAN DAN PENGEMBANGAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) BANDUNG:

Menurut Dr. Fisher Zulkarnain, Direktur PMU IDB UIN Bandung, bahwa Kampus UIN Bandung akan menjadi perguruan tinggi termegah dan terluas di Kota Bandung dengan memiliki lahan seluas 50 Hektar, yakni: 8 hektar di Cipadung-Cibiru (Kampus 1), 30 hektar di Cimencrang-Gedebage (Kampus 2), dan 12 hektar di Cileunyi (Kampus 3).

UIN Bandung Kampus 2 di Gedebage, menjadi satu-satunya Kampus Perguruan Tinggi Negeri yang memiliki lahan besar dan luas di tengah kota, dan lokasinya juga sangat strategis, karena wilayah Gedebage akan menjadi kawasan Teknopolis dan akan menjadi Pusat Ekonomi dan Pusat Pemerintahan Kota Bandung sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Barat. Lebih lengkapnya tentang Bandung Teknopolis ini, bisa dilihat dalam video Bandung Technopolis Master Planning Project di akhir artikel ini.

Khusus untuk Kampus 3, kedepannya akan menjadi Rumah Tahfidz/Rumah Al-Qur’an dan akan dibangun Taman Mini Rumah Al-Qur’an Jawa Barat.

Di UIN Bandung Kampus 2, juga akan dibangun Rumah Sakit Pendidikan (RSP) sebagai salah satu persiapan dibukanya Fakultas Kedokteran. Dengan demikian, maka kedepannya Fakultas Kedokteran UIN Bandung akan memiliki Rumah Sakit sendiri. Namun, Rumah Sakit UIN Bandung ini nantinya bukan khusus untuk mahasiswa atau praktek mahasiswa saja, tetapi terbuka untuk umum.

Peringkat  Webometrics 2021

UIN Bandung berada pada peringkat ke-38 dari seluruh perguruan tinggi Indonesia, sekaligus ranking ke-3.913 dunia dan rangking 1 di PTKIN versi Webometric.

Peringkat 4ICU:

UIN Bandung menduduki peringkat ke-65 di indonesia dan 4367 di dunia. Namun, dengan proyek/pembangunan besar dan pembenahan pada semua bidang di UIN Bandung ini, maka tidak menutup kemungkinan bahwa peringkat tersebut akan terus berubah lebih baik.

Status Akreditasi

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung berhasil mendapatkan nilai A (Amat Baik) untuk Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Fakultas/Program Studi UIN Bandung:

Program Sarjana (S1):
Fakultas Adab & Humaniora;
Fakultas Dakwah & Komunikasi;
Fakultas Psikologi;
Fakultas Sains & Teknologi;
Fakultas Syari’ah & Hukum;
Fakultas Tarbiyah & Keguruan;
Fakultas Usluhuddin; 
Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik;
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (dalam proses);
Fakultas Kedokteran (dalam proses).

Program Magister (S2):
Program Studi Ilmu Hukum
Program Studi Pendidikan Agama Islam
Program Studi Ekonomi Syari’ah
Program Studi Religious Studies
Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyyah)
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir
Program Studi Ilmu Hadits
Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah
Program Studi Sejarah Kebudayaan Islam

Program Doktor (S3):
Program Studi Hukum Islam
Program Studi Pendidikan Islam
Program Studi Perbandingan Agama

Alumni Terkenal:

1. Irfan Hakim
2. Nu'man Abdul Hakim (Wakil Gubernur Jawa Barat 2003-2008)
3. dll.

Fasilitas:

Perpustakaan, Bank (ATM), Sarana Olahraga, Masjid, Jurnal Online, Ruang Kuliah Representatif, Aula, Kantin, Bus, Akses Internet/WiFi, Medical Center, UIN SGD Mart, Student Center/Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Ma’had Al-Jami’ah (Pesantren Kampus) dll.

Prestasi, antara lain:

1. UIN Bandung masuk peringkat 10 besar untuk kategori PTN se-Indonesia dan satu-satunya Perguruan Tinggi Islam Negeri yang mendapat penghargaan dalam hal Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2015 yang diprakarsai oleh Komisi Informasi Pusat RI.

2. Anugrah Science and Technology Index (Sinta) dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) Tahun 2018, dan sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI) tertinggi di PTKI Kemenag RI.

3. Meraih penghargaan sebagai yang terbaik dalam Expo Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS), tahun 2018 di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia.

4. Publikasi ilmiah terindeks Scopus sebanyak 197 dokumen, dengan posisi kedua setelah UIN Jakarta.

5. Masuk 9 besar jurnal terakreditasi nasional.

6. Perpustakaan UIN Bandung sudah menggunakan sistem digital (berbasis IT), dan meraih akreditasi A dari Perpustakaan Nasional RI dan menjadi perpustakaan rujukan nasional.

7. Prodi Pendidikan Matematika yang diselenggarakan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) menjadi prodi umum pertama yang meraih nilai akreditasi A di lingkungan PTKIN se-Indonesia.

UIN yang Telah Memiliki Fakultas Kedokteran:

1. UIN Jakarta (UIN Syarif Hidayatullah)
2. UIN Malang (UIN Maulana Malik Ibrahim)

UIN yang Akan Membuka Fakultas Kedokteran:

1. UIN Bandung (UIN Sunan Gunung Djati)
2. UIN Surabaya (UIN Sunan Ampel)
3. UIN Palembang (UIN Raden Fatah)
4. UIN Riau (UIN Sultan Syarif Kasim)
5. UIN Banda Aceh (UIN Ar-Raniry)

UIN BANDUNG KAMPUS 1
Jalan A.H. Nasution No. 105, Cipadung, Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat 40614


UIN BANDUNG KAMPUS 2
Jalan Cimencrang, Cimenerang, Panyileukan, Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat 40292


Ma’had Al-Jami’ah (Pesantren Kampus) UIN Bandung - Kampus 1. Dulu, program ini bernama Takhassus Qira'ah wa Da'wah, khusus asrama santri mahasiswa, sebagai cikal bakal berdirinya Ma’had Al-Jami’ah (Pesantren Kampus) yang lokasinya berada di komplek/di dalam Kampus UIN Bandung.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aplikasi Tuntunan Sholat, Karya Mahasiswa UIN Bandung"

Posting Komentar