17 Tips Ampuh Bantu Anda Berhenti Merokok

Word Health Organization (WHO) telah menetapkan tanggal 31 Mei sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia.

Merokok merupakan aktivitas tidak sehat yang bisa mengancam kesehatan baik bagi perokok itu sendiri, keluarga maupun bagi orang yang ada disekitarnya.

Semua orang yang pernah mencoba untuk berhenti merokok sangat tahu bahwa itu adalah hal sangat sulit untuk dilakukan. Itu karena rokok mengandung zat adiktif tinggi dan dapat menyebabkan kecanduan. Penyebabnya tentu adalah nikotin yang terkandung dalam tembakau rokok. Tak hanya itu, pola pikir salah yang menganggap rokok sebagai hal yang jantan, gaul dan keren membuat semakin banyak jumlah perokok di Indonesia. Hhmmm...

Merokok tak hanya merugikan dalam hal kesehatan, tapi juga bisa memberikan banyak kerugian bagi faktor keuangan/finansial. Bayangkan, selain uang terbuang demi memenuhi hasrat merokok, juga bagaimana jika perokok ini mengalami penyakit yang parah akibat dari rokok, berapa uang yang harus dikeluarkan untuk membiayai pengobatannya. Berlipat-lipat bukan?. Itu belum termasuk anggota keluarga seperti anak dan istri yang bukan perokok (perokok pasif) yg setiap hari terkena paparan asap rokok.

Bagi seorang perokok, mungkin mereka selalu berusaha untuk berhenti merokok demi kesehatan dan keluarga. Namun sebagian dari mereka merasa kesulitan hingga akhirnya menyerah dan kembali menjadi perokok. Memang tidak dipungkiri, untuk berhenti dari merokok bukanlah perkara yang mudah, rokok menyebabkan kecanduan yang memerlukan usaha keras untuk terlepas darinya. Meskipun demikian, bukan berarti mustahil untuk bisa berhenti merokok, asalkan ada niat yang kuat dan serius, pasti hal itu bisa terwujudkan.

Baca juga: Gejala atau Efek saat Berhenti Merokok

Nah, untuk itu dibawah ini ada beberapa tips agar Anda yang perokok berhasil berhenti merokok.

1. Niat Kuat, Motivasi dan Berpikir Positif

Bagian tersulit dari usaha berhenti merokok adalah komitmen untuk benar-benar berhenti. Akan tetapi, jika Anda bersunggh-sungguh, maka bulatkanlah tekad. Berjanjilah pada diri Anda untuk tidak merokok lagi.

2. Berhenti Bertahap

Rasanya mustahil bisa berhenti merokok secara total jika Anda seorang perokok berat. Akan tetapi jangan risau, Anda tetap bisa menjalankan tekad tersebut. Caranya, kurangi konsumsi rokok secara bertahap.

Jika biasanya Anda menghabiskan dua bungkus rokok dalam sehari, maka cobalah untuk mengurangi setengahnya. Lakukan usaha tersebut secara bertahap sampai Anda merasa yakin tidak membutuhkan rokok lagi.

Walau dalam beberapa kasus, ada juga perokok berat yang bisa dan mampu berhenti merokok sekaligus dengan cepat tanpa bertahap. Ini mungkin kembali ke dalam kesadaran dan niat yg kuat dari dalam diri sendiri.


3. Pikirkan Manfaat Berhenti Merokok, seperti:
  • Tubuh yang lebih kuat dan sehat. Berhenti merokok berarti menurunkan tingkat risiko serangan jantung, stroke, kanker, gangguan pernafasan, impotensi dan berbagai penyakit lainnya.
  • Adanya dana lebih yang tadinya digunakan untuk membeli rokok, bisa digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat, maslahat dan sehat.
  • Uang jatah rokok bisa ditabung atau digunakan untuk kebutuhan keluarga yang lebih baik, seperti digunakan untuk membeli makanan yang sehat dan bergizi, atau digunakan juga untuk biaya kesehatan dan perawatan diri dan/atau istri agar suami betah di rumah tidak pindah ke lain hati hehe.. ada kan suami yg pindah ke lain hati dengan alasan istri tidak suka merawat diri, makanya para suami kasih donk istrinya duit biar bisa menjaga dan merawat diri untuk suami, jangan merokok melulu hehe..
  • Uang jatah rokok juga bisa digunakan untuk kegiatan sosial yg berkah, seperti: bersedekah, digunakan untuk ongkos atau biaya ikut pengajian, membantu/menyantuni anak yatim dan fakir miskin, menyumbang pembangunan masjib atau fasilitas umum lainnya dsb.
  • Hilangnya bau mulut, bau badan dan pakaian tidak sedap akibat rokok.
  • Kulit yang lebih cerah dan bersih.
  • Keluarga termasuk anak-anak di sekitar Anda terhindar dari bahaya merokok secara pasif.
  • Orang tidak merokok yg dekat dengan Anda akan merasa dihargai dan nyaman karena tidak merasa terganggu oleh Anda.
  • QS. Al-Baqarah:195 "Janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan".
  • QS. An-Nisa:29 "Dan janganlah kamu membunuh dirimu sendiri".
Semangati diri sendiri dengan mengingat manfaat-manfaat di atas.

4. Ingatlah Orang-Orang yang Anda Cintai dan Sayangi


Seperti yang diketahui, rokok bukan hanya berdampak negatif bagi diri sendiri melainkan juga orang di sekitar Anda. Jadi jika Anda punya keinginan merokok, cobalah ingat orang-orang yang Anda cintai dan sayangi, dampak negatif apa yang akan menimpa mereka. Jika Anda benar-benar mencintai dan menyayangi mereka tentunya Anda akan sanggup tidak merokok.

5. Bersiaplah Menghadapi Tantangan dan Gejala-Gejala


Berhenti merokok adalah tantangan yang sangat berat bagi perokok, jadi bersiaplah untuk tantangan tersebut. Biasanya, Anda akan menghadapi tantangan berat pada minggu pertama hingga minggu kedua. Jadi bulatkan tekad Anda untuk berhenti merokok dan bersiaplah dengan gejala-gejalanya.

Bagi yang sudah terbiasa merokok biasanya akan mengalami gejala-gejala kecanduan saat rokok dihilangkan dari hidup Anda, seperti: depresi, insomnia, tidak fokus dan stres. Karena nikotin dan zat berbahaya/racun rokok yg Anda masukan dalam tubuh Anda telah menyatu dengan darah Anda. Tapi tidak perlu khawatir, gejala-gejala itu hanya sementara sebagai bagian dari Detoksifikasi (Proses Pengeluaran Racun Dalam Tubuh).

6. Bijak Dalam Memilih Lingkungan dan Teman Pergaulan


Lingkungan sangat kuat pengaruhnya. Jika Anda masih bergaul dengan teman atau anggota keluarga perokok, maka Anda selalu terpengaruhi lagi, lagi dan lagi sehingga akan lebih sulit untuk berhenti merokok. Atau, Anda juga bisa mengajak mereka melakukan hal yang sama yakni berhenti merokok dan hidup sehat tanpa rokok

7. Beri Tahu Semua Orang jika Anda Berhenti Merokok

Memberi kabar ke semua orang mulai dari keluarga, kerabat hingga teman maupun sahabat adalah cara terbaik agar Anda bisa berhenti merokok. Dengan begitu Anda bisa tenang karena tidak ada yang menawari Anda rokok. Selain itu mereka juga bisa memperingatkan Anda saat Anda lupa.

Usaha yang Anda lakukan untuk berhenti merokok itu terkadang terasa sulit. Oleh sebab itulah dukungan dari kerabat terdekat sangat dibutuhkan. Merekalah yang nantinya akan mengingatkan ketika Anda merasa tidak mampu melanjutkan usaha tersebut.

8. Olahraga dan Pola Makan Sehat

Olahraga dapat membantu mengurangi dan mengalihkan hasrat merokok. Begitu ingin merokok, mulailah lakukan aktivitas olahraga, seperti sepakbola, lari, bahkan sekedar jalan kaki. Bergabung ke dalam klub kebugaran yang berisi orang-orang yang hidup sehat juga dapat banyak membantu. Olahraga akan meningkatkan mood dan kesadaran serta meningkatkan energi dan menghilangkan stress akibat kecanduan rokok.

Selain olah raga, pola makan sehat seperti mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah, akan membuat rokok menjadi terasa tidak lagi memuaskan. Selain itu, sayur dan buah juga membuat tubuh menjadi lebih sehat.

9. Sibukkan Diri

Biasanya orang merokok di saat waktu senggang, dengan mencari kesibukan lain akan membuat Anda lupa dengan rokok. Isi waktu Anda dengan melakukan apa saja yang Anda suka.

10. Minum Air Putih

Mengonsumsi air putih 8 gelas (2 liter) per hari bukan hanya baik untuk tubuh tapi juga banyak membantu Anda untuk berhenti merokok. Pasalnya, air putih dipercaya mampu menyegarkan mulut yang mengurangi keinginan Anda untuk merokok. Selain itu, air putih juga mampu membuang racun yang dibawa si rokok dalam tubuh. 

Atau, bisa juga setiap kali keinginan untuk merokok itu datang, cobalah untuk minum air putih hangat. Jangan minum teh atau kopi hangat. Sebab kedua minuman tersebut justru akan meningkatkan keinginanmu untuk merokok.

11. Bawang Putih

Bawang putih mentah selain berkhasiat menyembuhkan penyakit ringan, seperti: flu, pilek, batuk dan masuk angin, bisa juga untuk penyakit berat, seperti untuk menurunkan resiko atau mencegah kanker paru-paru dan penyakit lainnya.

12. Jus Wortel / Mentimun

Rajin minum jus wortel ternyata bermanfaat untuk menahan keinginanmu untuk merokok. Selain itu, wortel kaya akan kandungan zat antioksidan yang bisa menyehatkan tubuh akibat paparan racun karena rokok. Selain jus wortel, jus mentimun juga memiliki efek yang sama.

13. Air Garam

Berkumur air garam selain baik untuk kesehatan mulut/gusi/gigi, ternyata juga mampu mengekang keinginan untuk merokok. Para peneliti menemukan bahwa saat Anda menjilat garam yang asin, maka keinginanmu untuk merokok akan langsung hilang.

14. Susu

Minum secangkir susu sangat bermanfaat untuk mencegahmu mengambil sebatang rokok dan menyulutnya. Sebab setelah Anda minum susu dan merokok, maka akan timbul rasa yang tidak enak di mulut.

15. Bekam/Hijamah

Bekam dilakukan untuk mengeluarkan toxin atau racun yang menumpuk dalam tubuh melalui darah yang dikeluarkan (baca: Manfaat dan Khasiat Bekam/Hijamah).

16. Air Jeruk Nipis

Saat Anda bertekad untuk berhenti merokok, konsumsi air jeruk selama beberapa kali sehari. Terutama air jeruk nipis, karena jeruk nipis diketahui memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi dibanding jenis jeruk lainya yang berkhasiat mengurangi zat kimia seperti nikotin, bahkan disinyalir mampu mengurangi rasa kecanduan pada rokok.


Merokok dapat menganggu penyerapan vitamin dalam tubuh terutama vitamin C yg bertindak sebagai antioksidan yang penting untuk pencegahan penyakit. Semakin banyak rokok yang dihisap maka semakin banyak pula vitamin C yang hilang dari dalam jaringan dan darah.


17. Permen

Selain minuman di atas, ada cara klasik yang bisa Anda coba untuk menghentikan kebiasaan merokok. Cara tersebut adalah dengan mengunyah permen karet setiap kali keinginan untuk merokok itu datang.

Selamat mencoba!!!..

--------------------------------------------------------------

Beralih ke Rokok Herbal..

Bagi Anda yang tetap sulit untuk berhenti merokok, bisa menempuh alternatif lain, yakni beralih ke rokok herbal. Sekarang ini telah ada Rokok Herbal yang bahkan katanya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mohon maaf, disini tidak akan saya sebutkan nama atau merek rokok herbal tersebut, karena saya bukan penjual rokok hehe.. silahkan Anda tanya ke siapa saja barangkali ada yang tau atau bisa juga bertanya ke m'Bah Google tentang Rokok Herbal ini hehe..

----------------------------------------

Tulisan ini dirangkum dari berbagai sumber dan beberapa pengalaman para perokok yang telah berhasil berhenti merokok.

Intinya.. berhasil tidaknya berhenti merokok tergantung niat dan kesadaran diri sendiri.

Apabila Anda tidak sayang terhadap tubuh Anda, maka sayangilah keluarga Anda beserta anak dan istri Anda..

Apabila Anda tidak sayang terhadap tubuh Anda, keluarga Anda, anak dan istri Anda.. maka sayangilah orang-orang yang dicintai/disayangi Anda.

Dan.. Apabila Anda tidak sayang juga terhadap tubuh Anda, keluarga Anda, anak dan istri Anda.. beserta orang-orang yang dicintai/disayangi Anda, maka sayangilah dan hargailah orang-orang yang dekat di sekitar Anda.

Apabila Anda mau tetap merokok dengan berbagai macam alasan, dengan beribu-ribu alasan, silahkan.. tidak apa-apa, itu hak Anda.. terserah Anda, itu masalah hidup Anda.. karena hidup adalah pilihan. Anda mau hidup sehat atau sakit, Anda mau hidup normal atau tidak, Anda mau menikmati sisa hidup anugerah Allah ini penuh bahagia dengan sehat wal afiat atau dipenuhi penyakit dengan hidup yang sakit-sakitan???.. mangga.. silahkan.. Anda bebas memilih. 

Yang penting tau etika, bisa menempatkan dan menyesuaikan diri. Karena banyak kasus, merokok sembarangan seenaknya dimana saja dengan tidak melihat situasi dan kondisi sehingga sangat mengganggu kenyamanan dan kesehatan orang lain yang tidak merokok (perokok pasif).

Mari kita budayakan etika saling menghargai dan menghormati, agar hidup ini aman, nyaman dan tentram.

Carilah, undanglah dan datangkanlah penyakit hanya untuk diri Anda sendiri jangan bagi-bagi. Kecuali kalau duit, boleh donk dibagi hehe..

Baca Juga:

1 Response to "17 Tips Ampuh Bantu Anda Berhenti Merokok"

  1. I jᥙst like the helpful info you supply for your articles.
    I will Ƅookmarк ʏour blog and check again гight here regularly.
    I'm fairly sure I will learn plenty of new stuff right here!
    Goߋd luck for the following!
    my website : How To Learn To Lock Files In 1 Hour

    ReplyDelete