Kang RAMDHAN

Blog Sagala Aya alias Blog Gado-Gado..

SELAMAT DATANG | WILUJEUNG SUMPING أهلا وسهلا | WELCOME

Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun

Manfaat dan khasiat minyak zaitun sudah sangat terkenal sejak dahulu. Minyak zaitun sangat dikenal dalam dunia kecantikan, kuliner bahkan kesehatan. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi di dalam minyak zaitun tersebut.

Firman Allah SWT.: “Demi buah Tin dan Zaitun dan demi kota (Mekah) ini yang aman. Sungguh kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya”. (QS At-Tin 95:1-4)

Sabda Rasullullah SAW.: “Makan dan berminyaklah dengan zaitun karena ia berasal dari pohon yang diberkati". (HR. Tirmidzi)”.

Anas bin Malik RA. berkata; “Rasulullah SAW meminyaki rambut, menyisir jenggot dan membalur wajah dengan zaitun, seakan-akan pakaian beliau adalah pakaian tukang minyak.” (HR. Tirmidzi dalam Asy-Syama’il, No. 32).

Dalam tafsir Al-Qurtubi disebutkan bahwa Ibnu Abbas berkata, “pohon Zaitun mengandung berbagai manfaat. Minyaknya digunakan sebagai bahan bahar lampu dan juga untuk lauk dan lulur. Kayu dan arangnya digunakan sebagai kayu bakar. Tidak ada satu bagian pun dari pohon ini yang tidak berguna. Bahkan abunya bisa dimanfaatkan untuk mencuci sutera. Ia merupakan pohon pertama yang tumbuh di bumi dan sekaligus pohon pertama yang tumbuh setelah banjir besar di zaman nabi Nuh. Ia tumbuh di tanah para Nabi dan tanah suci. Tujuh puluh nabi telah mendoakannya agar diberkati, antara lain Nabi Ibrahim AS dan Nabi Muhammad SAW tatkala memanjatkan doa: Allahumma barik fiz-zayt waz-zaytun (Ya Allah, berkatilah zait dan zaitun). Beliau mengucapkannya dua kali.

Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun, antara lain:
  1. Memberikan Kelembaban Alami Kulit
  2. Mencegah Penuaan Dini
  3. Menghilangkan Noda Jerawat
  4. Anti Inflamasi
  5. Mengontrol Tekanan darah
  6. Kolesterol Baik
  7. Pencegahan Kanker
  8. Pencegahan Stroke
  9. Lotion Rambut Alami
  10.  Melebatkan Pertumbuhan Rambut
  11. Meningkatkan Kesehatan Kuku
  12. Membantu Mencegah Kanker Payudara
  13. Membantu Mencegah Diabetes
  14. Mencegah Alzheimer
  15. Memperkuat Tulang
  16. Mencegah dan mengobati Depresi
  17. Menambah Berat Badan
  18. Meredakan Sembelit
  19. Membantu Menghilangkan Batu Ginjal
  20. Membantu Encerkan kotoran telinga
  21. Membantu meredakan rasa nyeri
Selain manfaat di atas, minyak zaitun juga banyak digunakan sebagai minyak aromaterapi karena baunya yang khas dan wangi. Juga digunakan sebagai minyak urut/pijat dan campuran masker pada berbagai produk kecantikan. 
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top