Perguruan Tinggi Islam Terbaik di Indonesia (Negeri dan Swasta)

Perguruan Tinggi Islam di Indonesia mulai banyak diminati oleh berbagai kalangan dan dapat bersaing dengan Perguruan Tinggi Negeri favorit pada umumnya. Bahkan tidak sedikit Perguruan Tinggi Islam terutama Perguruan Tinggi Islam Negeri yang diserbu pendaftar belasan sampai puluhan ribu, sedangkan yang diterima hanya beberapa ribu saja (sesuai daya tampung).


Kualitas Pendidikan Perguruan Tinggi Islam juga tidak kalah baiknya dengan Perguruan Tinggi Umum. Banyak sekali Perguruan Tinggi Islam di indonesia yang sudah maju dan diperhitungkan, baik negeri maupun swasta.

Indonesia ini memang cukup unik, walau bukan negara yang secara terang-terangan mengatasnamakan negara islam, tapi sebagai negara mayoritas beragama islam terbanyak di dunia, kepentingan umat islam sudah cukup baik diperhatikan dan diakomodir oleh negara/pemerintah (walau memerlukan perjuangan cukup panjang, lama dan melelahkan), salah satunya dalam bidang pendidikan islam, yakni adanya lembaga pendidikan islam yang berstatus negeri, mulai dari Raudhatul Atfal (RA) - setara TK, Madrasah Ibtidaiyah (MI) - setara SD, Madrasah Tsanawiyah (MTs) - setara SMP, Madrasah Aliyah (MA) - setara SMA, Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) - setara SMK dan Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI), baik negeri maupun swasta.

Berikut ini, beberapa/sebagian kecil Perguruan Tinggi Islam terbaik di indones
ia, antara lain:

A. PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (PTAIN):

Hingga saat ini kurang lebih ada sekitar 58 PTAIN (Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri) di Indonesia yang terdiri dari 17 UIN (Universitas Islam Negeri), 34 IAIN (Institut Agama Islam Negeri) dan 7 STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri) yang tersebar di seluruh wilayah indonesia.

Menurut Prof. Dr. Phil H. Kamaruddin, M.A, Direktur Jenderal Dirjen Pendis RI (Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia), seluruh STAIN ditargetkan akan ditingkatkan statusnya menjadi IAIN pada tahun 2019, kecuali STAIN yang baru dibangun. Namun, tidak semua IAIN akan beralih status/berubah menjadi UIN.

Beberapa PTAIN ada yang telah memiliki Ma’had Al-Jami’ah (Pesantren Kampus). Tidak sedikit pula Pondok Pesantren yang telah memiliki Perguruan Tinggi/Universitas dan Ma'had Aly (Pesantren Tinggi) yang kualitasnya sudah cukup baik, dan biasanya Pondok Pesantren yang telah memiliki Perguruan Tinggi ini juga telah memiliki lembaga pendidikan formal dari tingkat dasar-menengah-atas, seperti: RA/TK, MI/SD, MTs/SMP, MA/SMA dan MAK/SMK yang kualitasnya sudah cukup baik pula.

Dibawah ini, beberapa UIN terbaik di Indonesia:

1. UIII (Universitas Islam Internasional Indonesia): www. uiii.ac.id

2. UIN Bandung (UIN Sunan Gunung Djati) : www.uinsgd.ac.id

3. UIN Jakarta (UIN Syarif Hidayatullah) : www.uinjkt.ac.id

4. UIN Malang (UIN Maulana Malik Ibrahim) : www.uin-malang.ac.id

5. UIN Surabaya (UIN Sunan Ampel) : www.uinsby.ac.id

6. UIN Palembang (UIN Raden Fatah) : www.radenfatah.ac.id

7. UIN Riau (UIN Sultan Syarif Kasim) : www.uin-suska.ac.id

8. UIN Banda Aceh (UIN Ar-Raniry) : www.uin.ar-raniry.ac.id

9. Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) : www.uiii.ac.id

B. PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM SWASTA (PTAIS):

1. Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta : www.uii.ac.id

2. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) : www.umm.ac.id

3. Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) Jakarta : www.unuindonesia.ac.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Perguruan Tinggi Islam Terbaik di Indonesia (Negeri dan Swasta)"

Posting Komentar