Usia Berapa Untuk Fokus Belajar dan Bekerja/Wirausaha

Usia Berapa Untuk Fokus Belajar dan Bekerja/Wirausaha.

Oleh: Helmy Yahya

Sukses adalah sebuah kata yang dapat dengan mudah diucapkan, namun sangat sulit untuk direalisasikan. Karena memerlukan sebuah perjuangan yang cukup panjang, berat dan melelahkan. Harus siap juga menghadapi berbagai tantangan, rintangan, ujian, cacian, makian, cobaan dan godaan.

Dalam ajaran islam, mencari/menuntut ilmu itu wajib hukumnya. Sepanjang hayat tidak dibatasi usia dan profesi. Mulai kita lahir ke dunia sampai kita meninggal dunia, kita diwajibkan untuk terus melakukannya. Karena ilmu itu bersifat dinamis dan tidak tetap, keberadaannya menyesuaikan dengan kondisi sekarang dan kehidupan masa depan. Jangan merasa puas dengan ilmu yang ada selagi masih ada kesempatan, harus tetap digali dan dikejar demi menggapai kebahagiaan baik dunia maupun akhirat.

Terkait entrepreneurship/kewirausahaan, menurut Helmy Yahya yang mengutip perkataan Jack Ma salah satu orang sukses dunia asal china/tiongkok, Usia Berapa Untuk Fokus Belajar dan Bekerja/Wirausaha, adalah sebagai berikut:

Usia dibawah 25 tahun waktunya untuk belajar, belajar dan belajar habis-habisan. Cari ilmu sebanyak mungkin, sedalam mungkin, sematang mungkin untuk bekal menjadi entrepreneur/pengusaha.

Usia 20-30 tahun waktu untuk melanjutkan pelajaran.

Usia 30-40 tahun mulai masuk ke dalam bisnis yang disukai dan dikuasai. Amalkan dan praktekan ilmu yang didapat sewaktu sekolah, kuliah, guru, bos/atasan, dan lainnya.

Usia 40-50 tahun hanya fokus ke bidang bisnis yang benar-benar sangat dikuasai, jangan mencoba bidang-bidang lain yang tidak dikuasai.

Usia 50-60 tahun, waktunya sharing, berbagi ilmu, saatnya berbagi, saatnya mempercayakan ke anak-anak muda, bimbing mereka, beri kesempatan kepada mereka. Pengetahuan dan pengalaman kita gunakan untuk membimbing mereka untuk menjadikan anak muda menjadi pemimpin baru, penerus generasi masa depan.

Dalam pepatah arab disebutkan bahwa pemuda hari ini adalah pemimpin masa depan.

Usia 60 tahun keatas, waktunya pensiun.

Selanjutnya, silahkan putar dan simak videonya dibawah ini: 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Usia Berapa Untuk Fokus Belajar dan Bekerja/Wirausaha"

Posting Komentar