Mengembalikan Postingan Blog Yang Terhapus

Hari ini, sabtu tanggal 24 April 2010 adalah hari yang sangat menyedihkan bagi saya karena postingan (tulisan) dalam blog ini yang berjudul: 


terhapus secara tidak sengaja. Ma'lum pemula yang masih hobi pencat-pencet dan raba-raba, pencet sana - pencet sini, raba ini - raba itu haha.. Dan saya lupa belum sempat membackupnya dan lupa tidak mengaktifkan Import Blog dalam Facebook saya. Yang lebih menyedihkan lagi, 2 (dua) dari 4 (empat) judul postingan di atas telah memasuki klasemen dalam peringkat google wkwkwk..

Tapi sudahlah.. nasi sudah menjadi bubur. Setelah bertanya-tanya ke m'Bah Google akhirnya saya mendapatkan cara untuk mendapatkan kembali postingan yang terhapus (dengan sedikit modifikasi dan mencari cara sendiri, karena sebagian cara yang saya dapat tidak berhasil dan agak ribet). Tapi sayang, semua komentarnya hilang tidak bisa dikembalikan. Tapi gak apa-apa lah, yang penting postingannya terselamatkan hik.. hik.. ALHAMDULILLAH..

Adapun caranya adalah sebagai berikut:

Cara Pertama:
  1. Masuk ke google.com atau google.co.id;
  2. Pada kotak pencarian google masukan/ketik: site:alamat blog/url anda. Contoh: "site:www.alamatblog.com" kemudian klik "SEARCH (telusuri)", atau tekan tombol "Enter" pada keyboard komputer yang Anda gunakan. Maka akan muncul judul-judul postingan blog Anda dan tinggal dipilih saja postingan  mana yang terhapus; 
  3. Setelah ketemu, klik "TEMBOLOK (cache)" - bukan mengklik judulnya, maka otomatis akan muncul (isi) postingan yang dulu sudah terhapus;
  4. Kemudian kopas (copy paste) isi postingan tersebut ke blog Anda (buat postingan baru); dan
  5. Pastikan jarak/waktu ketika postingan terhapus tidak terlalu lama, karena google akan segera menghapusnya. 
Cara Kedua:
  1. Tuliskan/ketik judul postingan yang terhapus, contoh: SABILY, Sistem Operasi Bernuansa Islami. Namun, dengan cara ini jika postinganya tidak masuk 10 atau 20 besar dalam mesin pencari google maka harus sedikit susah payah untuk mencarinya satu per satu. Tapi jangan khawatir, ada cara yang lain yakni: ketikkan judul postingan+judul blog. Contoh: SABILY, Sistem Operasi Bernuansa Islami+Nama Blog Anda. 
  2. Langkah-langkahnya sama seperti dalam cara pertama di atas.
Jika browser yang Anda gunakan Google Chrome tinggal masukan saja judul postingan yang terhapus ke dalam address bar nya tidak perlu masuk dulu ke google.com atau google.co.id karena Google Search dengan Google Chrome sudah terintegrasi.

Cara ini berlaku jika postingan telah terindek google tapi tidak dapat mengembalikan URL-nya hanya isi postingannya saja sehingga postingan yang telah mendapatkan klasemen dalam peringkat google pun, yaa.. mau tidak mau harus mengulang lagi dari awal. Dengan kata lain, harus bersaing lagi untuk memperebutkan posisi.

Sekedar saran untuk blogger pemula seperti saya ini, agar selalu membackup postingan terutama kalau ada yang baru. Ini dimaksudkan untuk mengantisifasi jika suatu waktu terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Subscribe to receive free email updates:

11 Responses to "Mengembalikan Postingan Blog Yang Terhapus"

  1. Syukur Alhamdulillah gan, bisa untuk jaga2 ne postingnya.

    BalasHapus
  2. @Ipwan: Alhamdulillah gan.. mudah-mudahan kejadian yang saya alami bisa jadi i'tibar buat yg lain.

    BalasHapus
  3. kwowkowkw Thanks nie infonya baru tau ini thanks yaaa hehehheheh

    BalasHapus
  4. @Gudang Ilmu: hehe-Nya kepanjangan bro he99,9x..

    BalasHapus
  5. kirain ada tips lain, ini saya sudah tau hehehe

    BalasHapus
  6. @Ikhsan: Klo dah tau tinggal ditambahin aja bro. Yaa.. siapa tau mungkin dalam postingan ini ada yang salah atau kurang he99,9x....

    BalasHapus
  7. wew...

    klo pake cara ini g perlu daftar sono-sini untuk menjadi member dr web berjasa recovery blog atau semacamnya..

    thank u pery mach sam ramdhan.. hhe..(sam=mas=kang)

    BalasHapus
  8. @Hil4m: Bener juga tuh, klo ada yg gampang buat apa susah-susah hehe..

    BalasHapus
  9. pusing ane nich gak sengaja menghapus postingan sendiri,,,,untung ada solusinya udah cape nulisnya lagi hedeeehhh..thx bro sharenya..langsung di cari..blasss

    BalasHapus
  10. wah, ni dia artikel yang saya cari. thx mas infonya :)

    BalasHapus
  11. aduuuu gaaaaaan... makasih banyaaakk :D

    akhirnya Selamat Postingan Aku.. :)

    BalasHapus